Chef Yeni Ismayani Berbagi Kiat Agar Adonan Kue Tidak Bantat - Tabloidbintang.com

TABLOIDBINTANG.COM -

Chef Yeni Ismayani, pengasuh rubrik Sedap Bintang di Tabloid Bintang Indonesia kembali berbagi tip seputar memasak kue.

Tip dibagikan Chef Yeni saat menjadi narasumber acara "Gulaku Peduli Pelestarian Makanan Tradisional Indonesia" di Kelurahan Jatiwaringin, Jakarta Timur, pekan ini. Dalam acara itu, Chef Yeni mengajak ibu-ibu membuat kue Amparan Tatak.

Yang menarik, di tengah acara, seorang ibu bertanya mengapa adonan kue yang dipanggang di dalam oven sering bantat.

Ada langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah adonan kue menjadi bantat. Salah satunya, hindari membuka dan menutup oven ketika adonan kue sedang dipanggang. Chef Yeni melanjutkan, rasa penasaran ibu dengan hasil akhir kue yang dipanggang sering menjadi blunder. Akibatnya, adonan kue gagal merekah.

"Ibu-ibu sering penasaran adonan kue sudah matang belum, ya? Hasilnya bagaimana, ya? Lalu ia mengecek dengan membuka oven sebentar, kemudian ditutup kembali. Mereka lupa bahwa saat oven dibuka, suhu panas di dalam oven terpapar suhu dingin dari luar. Akibatnya, adonan kue yang sudah merekah (mengembang) menyusut kembali," Chef Yeni mengingatkan.

Tip lain dari Yeni, jika durasi memanggang adonan kue sudah tercapai (misalnya 30 menit) dan adonan kue sudah merekah dengan cantiknya, jangan buru-buru membuka serta mengeluarkan kue. Beri waktu adonan kue untuk "bernapas" sejenak di dalam oven.

"Yang ketiga yang tak kalah penting, jangan buru-buru memasukkan adonan sementara suhu oven belum mencapai suhu yang dianjurkan dalam resep," pungkasnya.

(wyn/gur)



http://ift.tt/2dINx04

Subscribe to receive free email updates: