Dua Siswa SMKN 2 Kota Depok Juara Menu Bolu Batik Mini - Poskotanews

DEPOK (Pos Kota) – Dua pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kota Depok berhasil meraih juara pertama lomba cipta kreasi resep Bogasari tahun 2016 tingkat nasional yang diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Setelah menu makanan hasil olahan yang diberi nama Bolu Batik Mini menyisihkan sejumlah menu makanan yang dilombakan.

Ke dua pelajar SMKN 2 Kota Depok yaitu Susana dan Rana Yulistian dan mereka berdua tak hanya meraih piala dan penghargaan saja tapi juga berhak mendapatkan uang pembinaan sekitar Rp 7 juta dari perusahaan Bogasari yang dilaksanakan di Balai Kartini, Jakarta beberapa waktu lalu.

Lomba cipta kreasi resep makanan tingkat nasional yang dilaksanakan perusahaan Bogasari dengan tema Entrepreneur dan Business Plan, Susana dan Rana Yulistian siswa SMKN 2 kelas XII jurusan Tata Boga berhasil menyakinkan para juri dengan hasil menu makanannya yang diberi nama Bolu Batik Mini.

"Pembuatan menu makanan dari tepung Bogasari oleh Susana dan Rana Yulistian dengan empat buah bolu yaitu Bolu Batik Cirebon, Bolu Batik, Banten, Bulo Batik Parang Rusak dan Bolu Batik Depok ternyata meraih juara pertama lomba cipta menu perusahaan Bogasari," kata Kepala Program Kompetensi Keahlian Jasa Boga SMKN 2 Depok, Lely Mandalika didampingi pembinannya, Siswaty Fatimah.

Racikan menu Bolu Batik Mini disajikan atau disajikan memang sesuatu yang berbeda dengan menu makanan lain yang dibuat peserta lomba. Bolu Batik Mini yang disajikan dan dinilai tak hanya dalam bentuk menyajikan saja tapi juga harus disebutkan keterangan berkaitan menu yang dibuat para siswa tersebut.

"Tak hanya sajian menu makanan yang dinilai para juri tapi peserta juga harus menyampaikan persentase terhadap sajian yang dilombakan," tuturnya sambil menambahkan tak hanya itu sajian menu Bolu Batik Mini juga menjadi sajian makanan yang unik dan tak biasa terlebih makanan itu persis dibuat seperti batik.

HARGA TERJANGKAU

Sementara itu, Susana dan Rana Yuliastia, menambahkan tak hanya tampak wajah atau penyajian yang menarik tapi rasa serta ukuran yang mini hingga menarik konsumen atau masyarakat membeli tentunya menjadi salah satu pembuatan Bolu Batik Mini tersebut.

Selain penyajian dan rasa Bolu Batik Mini yang enak, tambah dia, dari bentuk yang mini juga membuat masyarakat dapat membeli makanan jenis Bolu karena harga terjangkau untuk kalangan pelajar yaitu sebesar Rp 7.500,-.

Sementara itu, kepala SMKN 2 Kota Depok, Tatang Komarudin, mengakui bahwa dua pelajar kelas XII jurusan tata boga berhasil meriah juara pertama dalam lomba membuat menu atau makanan baru yang dimotori perusahaan tepung Bogasari.

Keberhasilan ke dua pelajar dalam lomba cipta menu makanan tentunya menjadi motivasi siswa lain di SMKN 2 Kota Depok untuk terus melakukan inovasi serta kreatif dalam menciptakan hal baru di berbagai kegiatan atau bidang sekolah termasuk Tata Boga untuk makanan siap saji, ujarnya.

(anton/sir)



http://ift.tt/2hFVcgI

Subscribe to receive free email updates: