Indonesia Vegetarian Society, Hidup Sehat untuk Bakti kepada ... - Tribun Manado

Laporan Wartawan Tribun Manado Warstef Abisada

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Tak hanya membiasakan diri dengan pola hidup sehat, anggota Indonesia Vegetarian Society (IVS) Kota Manado juga ikut aktif membantu masyarakat kurang mampu dan melakukan bakti sosial seperti donor darah demi membantu sesama.  

"Saat mulai terlibat dalam komunitas ini 11 tahun silam, saya sendiri merasa sangat bangga dan senang bisa ikut membantu masyarakat yang berkekurangan, misalnya dengan memberikan bingkisan sembako. Jadi, di komunitas ini, kami tak hanya membiasakan diri hidup dengan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan nabati, tapi juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial," kata Erfandy Lagonda, Koordinator IVS Kota Manado, Sabtu (30/9/2017).

Indonesia Vegetarian Society menggelar seminar

Pria 38 tahun itu mengaku sangat bugar dan sehat ketika mengonsumsi makanan nabati. Sehingga berkat yang ia terima tersebut dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan positif lainnya, misalnya, dengan ikut mendonorkan darah dalam bakti sosial hingga bagi‑bagi sembako ke pelosok‑pelosok di Molompar dan Pandu.

Indonesia Vegetarian Society

Dikatakan Erfandy, IVS adalah organisasi vegetarian Indonesia yang bersifat nirlaba, yang berdiri di Jakarta pada 8 Agustus 1998. IVS telah terdaftar menjadi anggota Internasional Vegetarian Union (IVU) sejak tahun 1998.

Kini IVS sudah memiliki 50 cabang di Indonesia, termasuk di Kota Manado, Sulawesi Utara, dengan jumlah komunitas mencapai 100 orang.

Indonesia Vegetarian Society

"IVS juga berperan menyebarluaskan informasi seputar kehidupan vegetarian di Indonesia dan mengembangkan cinta kasih universal untuk menyelamatkan dunia serta planet bumi melalui vegetarianisme," ujarnya.

Dalam misinya untuk memasyarakatkan vegetarianisme, IVS, kata Erfandy, mengadakan berbagai kegiatan, seminar vegetarian yang menghadirkan ahli gizi, dokter, serta ahli lingkungan hidup.

Kegiatan lainnya yakni festival dan demo masak yang memperkenalkan resep‑resep masakan vegetarian Nusantara juga internasional.

Mereka juga menerbitkan dan menerjemahkan buku‑buku vegetarian (majalah info vegetarian, buku panduan vegetarian, buku resep masakan vegetarian, gizi vegetarian bagi bayi, anak, remaja, ibu hamil, ibu menyusui, dan lansia) dan konsultasi seputar kehidupan vegetarian. 

Indonesia Vegetarian Society

http://ift.tt/2xXbXPh

Subscribe to receive free email updates: