LG Pamerkan Perangkat Dapur Masa Depan - Detikcom (Siaran Pers)

Jakarta - Perhelatan CES tahun ini bakal diwarnai beragam perangkat anyar LG. Tidak hanya TV dan speaker pintar, vendor asal Korea Selatan itu turut memboyong perangkat dapur masa depan.

Ada tiga perangkat yang LG dibawa ke pameran tahunan yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat itu. Ketiganya adalah kulkas LG InstaView ThinQ, jajaran microwave LG EasyClean dan pencuci piring elektrik LG QuadWash.

"Pemanfaatan kecerdasan buatan pada berbagai perangkat elektronik akan memangkas berbagai proses di dapur, dari penyiapan makanan hingga pembersihan. Menjadi solusi inovatif yang membebaskan dari kerumitan sehari-hari di dapur," ujar Song Dae-hyun, Presiden Home Appliance & Air Solution Company pada LG Electronics dalam keterangan resmi yang diterima detikINET, Selasa (9/1/2018).

Kulkas LG InstaView ThinQ dibekali layar sentuh LCD dengan bentang 29 inch yang dapat berubah dari layar komputer menjadi jendela transparan untuk melihat langsung isi dalam kulkas melalui dua ketukan halus.

Kecerdasan buatan yang diterapkan LG dalam kulkas ini membuatnya mampu merekomendasikan berbagai resep makanan berdasarkan berbagai bahan makanan yang tersimpan di dalamnya.

LG Pamerkan Perangkat Dapur Masa Depan Foto: LG

Saat pengguna memilih salah satu resep, kulkas ini secara otomatis akan mengirimkan informasi pada oven yang terhubung dengan Alexa, yang secara verbal bakal membimbing pengguna langkah demi langkah untuk memasak sesuai resep.

Lebih menyenangkan lagi, pengguna dapat memanfaatkan keterhubungan kulkas dengan berbagai penyedia layanan musik streaming seperti Amazon music dan iHeartRadio untuk menemani sesi memasaknya dengan berbagai lagu favorit.

Tak hanya itu, kulkas LG InstaView ThinQ ini menawarkan manajemen penyimpanan berbagai bahan makanan dengan lebih baik melalui keberadaan platform pintar LG webOS dan teknologi perintah suara Alexa.

Keberadaan fitur Smart Tag memungkinkan pengguna menambahkan informasi berupa sticker digital untuk pengingat tanggal kedaluwarsa bagi masing-masing bahan makanan.

Berbelanja pun dapat dilakukan dengan lebih cerdas. Pasalnya, pengguna dapat memastikan isi kulkas melalui smartphone yang terhubung ke kamera PanoramaView bersudut lebar di dalam kulkas pintar itu.

Oven LG EasyClean dimungkinkan terhubung dengan aplikasi sehingga pengguna dapat mengakses informasi resep secara nirkabel dan secara otomatis memulai proses pemanasan awal pada suhu tertentu dan pada waktu yang ditentukan. Saat oven perlu dibersihkan pun, sebuah notifikasi secara otomatis akan dikirimkan pada smartphone pengguna.

Disamping itu, oven LG EasyClean bakal mengirimkan informasi pada pencuci piring elektrik LG QuadWash untuk menetapkan pengaturan siklus pencucian optimal dari berbagai perangkat yang digunakan untuk memasak berdasarkan jenis masakan.

Sebagai contoh, pencuci piring pintar ini akan menetapkan siklus pencucian dengan durasi waktu lebih panjang dan penggunaan air panas untuk bekas masakan berminyak tinggi dibandingkan masakan sayuran yang ringan.

Dalam melakukan tugasnya, baik oven LG EasyClean maupun mesin cuci piring LG QuadWash dapat dimonitor melalui perintah suara dan LG CLOi Hub Bot.

"Inilah sebuah konektivitas tanpa batas yang melekat pada dapur cerdas. Sebuah kecerdasan yang akan merevolusi kebiasaan," pungkas Song Dae-hyun. (rns/rou)



http://ift.tt/2Eqg7iY

Subscribe to receive free email updates: