Tak Hanya Berisi Kentang, Ini Dia Resep Epok-epok Kekinian di Batam - Tribun Batam

KUE epok-epok adalah camilan khas yang sangat mudah ditemukan di wilayah Kepulauan Riau termasuk di Batam.

Makanan berbahan tepung dan kentang ini memang sangat mudah ditemui di tanah Melayu. Di Malaysia atau Singapura, misalnya. Kue epok-epok lebih dikenal dengan nama karipap. Sedangkan di Jawa, namanya biasa disebut pastel.

Epok-epok adalah kue yang terbuat dari adonan tepung yang dicetak dengan cetakan khusus, dengan isian khas untuk epok-epok. Dulu, isi epok-epok biasanya adalah kentang pedas. Tetapi kini sudah banyak ditambah dengan bahan lainnya sebagai variasi citarasa.

"Epok-epok dulu biasanya dijual pas sarapan tapi sekarang sore juga banyak dicari untuk cemilan. Makanan ini enak dimakan saat hangat," kata Ana, Pemilik epok-epok Ana di Bengkong Laut.

Saat hangat, epok-epok terasa gurih dan renyah. Tambahan isian epok-epok membuat makanan ini terasa makin nikmat.

Selain sambal kentang, epok-epok juga lezat ditambah telur atau ikan sarden. Atau bisa juga diganti suiran daging ayam yang dibumbui juga sebelumnya. Epok-epok memamg lebih nikmat dengan rasa yang sedikit pedas.

Baca: Ikan Asap Khas Anambas, Nikmat Dicampur Sambal Dabu-dabu

Agar warna inti epok-epok lebih cerah, bisa menggunakan cabai kering. Sementara untuk mendapatkan citarasa gurih dan aroma wangi bisa ditambahkan bubuk kari.

"Rasa gurih epok-epok itu bisa didapatkan dari cara menggorengnya. Dengan cara menggoreng yang benar. epok-epok akan terasa renyah. Yakni digoreng dengan api yang tidak bisa terlalu besar," kata Ana.
Nah, bagi pembaca Tribun Batam, kali ini Ana bersedia membagikan resep membuat epok-epok gurih dan lezat. Selamat mencoba! (*)

Resep Epok - Epok

Bahan:
1 kg tepung
1 kg kentang
250 gram cabai merah
100 gram bawang merah
50 gram bawang putih
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
Minyak goreng
Air secukupnya

Cara Membuatnya:
1. Adon tepung, garam, penyedap rasa, dan air hingga kalis dan bisa dibentuk dengan ampia dan dicetak dengan cetakan epok-epok
2. Potong kentang model dadu, goreng hingga matang
3. Haluskan cabai merah, bawang merah, dan bawang putih dan bubuk kari.
4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, setelah matang, masukan kentang yang sudah digoreng. Aduk rata
5. Masukan inti ke kulit epok-epok. Cetak dan goreng hingga matang. (*)



http://ift.tt/2Cyg1Zz

Subscribe to receive free email updates: