Michael Saputra, Usaha Bahan Makanan Siap Masak Beromzet Rp ... - Tabloidbintang.com

TABLOIDBINTANG.COM -

Sesibuk apa pun bekerja, sebagai wanita tentu Anda rindu memasak dan menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga.

Begitu pula Anda yang kurang pintar memasak, sesekali ingin juga, dong menyajikan hasil masakan sendiri.

Berdasarkan hal itu, Michael Saputra (33), Olivia Wongso (39), Willy Haryanto (35), dan Ardo Adiwidjaja (33) memulai bisnis pengiriman bahan makanan siap masak Black Garlic pada Juli 2015. 

"Waktu itu saya dan teman-teman baru saja menikah dan punya anak. Kami repot kalau harus belanja dulu, terus memasak, dan sebagainya. Makan di luar terus-menerus enggak mungkin. Yang wanita juga ingin memasak untuk keluarga. Akhirnya kami mencari solusi, yang cocok untuk orang-orang yang mengalami hal yang sama," ujar Michael saat ditemui di kantor Black Garlic di daerah Kebayoran Baru, Jakarta. 

Solusinya, membuat layanan belanja dan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak.

"Kami membuat bisnis yang bisa membantu orang-orang yang enggak punya banyak waktu untuk belanja, Black Garlic. Black Garlic mengirimkan bahan-bahan segar siap masak. Semua sudah kami siapkan dan kami takar untuk porsi 2 dan 4 orang," jelasnya, seraya menambahkan harga menu per porsinya 25 sampai 300 ribu rupiah, tergantung pada jenis bahan. 

Tak hanya hemat waktu karena bahan sudah tersedia, bumbu pun dikirim dalam keadaan jadi dan sudah diolah, sehingga Anda tinggal menambahkannya ke dalam masakan.

"Semua bahan dan bumbu dari ayam, cabai, sambal, kami sudah buat sesuai porsi. Setelah masak tidak akan ada bahan yang lebih atau sisa. Bahan-bahan kami juga kualitasnya premium, segar dan bagus," imbuh Michael.

Agar pelanggan tidak bosan, setiap minggunya Black Garlic mengeluarkan 11 menu berbeda. Rasanya dijamin, mengingat resep-resep Black Garlic digarap melewati persetujuan William Wongso (69), maestro kuliner Indonesia yang juga penasihat kuliner maskapai Garuda Indonesia.

Michael Saputra, Usaha Bahan Makanan Siap Masak Beromzet 1,5 Miliar (Instagram)

zoom

"Menu kami tiap minggu terdiri dari 7 menu utama, 3 menu sarapan dan menu anak-anak, serta 1 menu makanan penutup," perinci Michael. 

Keunggulan lain Black Garlic, masakannya dijamin mudah diolah, oleh orang yang tidak bisa memasak sekalipun.

"Gampang banget, ada recipe card (kartu resep) yang berisi petunjuk untuk masak dan langkah-langkah membuatnya. Orang yang enggak bisa masak pun bisa baca kartu ini. Simpel banget dan hanya makan waktu 30-60 menit," ungkap Michael.

Bintang yang sudah mencoba langsung setuju, kartu resep mereka begitu jelas dan mudah diikuti.

"Kami juga mengetesnya melalui staf kami. Karyawan kami tiap hari mencoba masak dengan format yang kami buat. Kalau mereka bisa memasak tanpa bingung, berarti semua orang bisa. Tapi kalau ternyata ada yang kurang jelas, format kartu resepnya harus kami ubah," sambung Michael.

Dalam kurun 1,5 tahun, bisnis ini berkembang pesat.

Michael Saputra, Usaha Bahan Makanan Siap Masak Beromzet 1,5 Miliar (Sarah/tabloidbintang.com)

zoom

"Juli 2015, kami cuma mengirim 50 boks per bulan. Satu boks bisa berisi beberapa porsi menu, termasuk 11 menu sekaligus, pesanan pelanggan untuk seminggu. November 2016 kami sudah mengirim 2.200 boks dalam sebulan," ujar Michael.

Promosi ditempuh lewat jalur online maupun offline.

"Titik beratnya di online. Dari memasang iklan, mengirim newsletter, membuat kampanye, semua bisa diperhitungkan," ujarnya.

Untuk promosi offline, mereka mengirim perwakilan ke arisan ibu-ibu.

Dalam akun Instagram @BlackGarlicID, dipasang video tutorial dan fakta seputar masakan dan bahan-bahannya.

"Kami kasih info seputar masakan lewat tagar #didyouknow, agar orang tahu dalam makanan enak itu isinya apa, manfaat bahan-bahan yang dipakai apa. Lebih mengedukasi soal bahan dan makanan. Video di Instagram itu tambahan saja, supaya orang-orang bisa lihat cara membuatnya dan untuk menambah penasaran orang agar tertarik buat beli," ungkap Michael.

Kini Black Garlic meraup omzet rata-rata 1,5 miliar rupiah per bulan.

(sarah/gur)



http://ift.tt/2ir3SM8

Subscribe to receive free email updates: